RSS

Sel Surya


Kita telah memanfaatkan Matahari untuk mengeringkan pakaian dan makanan semenjak beribu-ribu tahun yang lalu, sampai akhir akhir ini kita telah mampu memanfaatkannya sebagan pembangkit tenaga. Matahari berjarak 150 juta km dari bumi, dan sangat menakjubkan sekali mempunyai daya yang sangat dahsyat. Hanya sebagian kecil dari energi Matahari yang menyentuh  Bumi  tapi sangat melebihi dari cukup semua kebutuhan daya untuk waktu yang panjang dimasa depan. Sesungguhnya setiap waktu, sangat cukup energi yang sampai ke bumi untuk memenuhi kebutuhan kita sepanjang masa jika kita dapat memenfaatkannya dengan bijak. 
Solar energy adalah radiant energi dari matahari, yg dapat berubah ke bentuk energi yang lain seperti panas dan listrik. Ada tiga tipe utama pembangkit solar listrik yaitu: photovoltaic cells, solar thermalplants, dan solar tungku.


Ada tiga cara utama menggunakan energi Matahari:
  1.  Solar Cells (disebut juga dengan "photovoltaic" atau "photoelectric" cells) yaitu alat untuk merobah cahaya langsung menjadi listrik. Pada saat cuaca cerah kita dapat memperoleh daya yang cukup untuk menghidupkan satu buah bola lampu 1000 W dari 1 m2 solar panel. Alat ini pd awalnya dikembangkan dalam rangka  untuk menyediakan kebutuhan listrik untuk satelit. Sekarang kebanyakan kalkulator  sudah mengguna kan Solar cells sebagai sumber dayanya.
  2.  Solar water heating,Dimana  panas dari Matahari digunakan untuk memanaskan air dalam gelas panel diatas atap rumah. Ini berarti kita tidak lagi menggunakan banyak gas atau listrik utk memanaskan air kebutuhan rumah tangga. Air dipompakan melalui pipa pipa dalam suatu panel. Pipa di cat dengan cat  hitam sehingga dapat menyerap panas bila cahaya matahari mengenainya. Cara ini akan membantu kita membuat sistem pemanasan sentral. 
  3. Solar Furnaces  Solar Tungku menggunakan luasan yang sangat luas dari susunan  kaca  untuk mengumpulkan energi cahaya matahari kedalam ruangan yang sempit sebagai fokusnya dan menghasilkan temperatur yang sangat tinggi.  Di Odellio, Perancis terdapat satu Solar Tungku ini sebagai tempat eksperimen ilmiah yang dapat mencapai temperatur  33.000 o C


Solar  power  supply  terdiri atas 4 (empat) bagian yaitu  solar  modul,  charger regulator, battery, dan static inverter.

Solar  power  modul  terdiri  atas rangkaian  series/paralel  cell  cristal  silicon hubungan P-N. Akibat proses penyinaran oleh cahaya/penerangan akan dihasilkan  elektron  dan hole, selanjutnya membangkitkan  perbedaan  tegangan  pada cell,  bila pada cell tsb diberikan suatu rangkaian tertutup maka  arus  akan mengalir. Rangkaian cell/solar power modul tersebut dihubungkan dengan charger regulator  yang berguna untuk pengisian muatan battery, dan selanjutnya energi  yang disimpan   pada  battery  tersebut  dikondisikan  sebagai  sumber   daya   listrik beban/peralatan.



0 comments:

Post a Comment