RSS

Perpindahan Kalor



Perpindahan kalor terbagi menjadi 3 cara, yaitu :
  1. Konduksi (hantaran/rambatan) : biasanya pada zat padat
  2. Konveksi (aliran) : biasanya pada zat cair dan gas
  3. Radiasi (pancaran) : tanpa zat perantara
perpindahan panas
Konduksi

Konduksi adalah hantaran kalor yang tidak disertai dengan
perpindahan partikel perantaranya. Pada hantaran kalor ini yang berpindah hanyalah energinya, tanpa melibatkan partikel perantaranya, seperti hantaran kalor pada logam yang dipanaskan dari satu ujung ke ujung lainnya. Saat ujung B dipanaskan, maka ujung A, lama kelamaan akan mengalami pemanasan juga, hal tersebut dikarenakan energi kalor yang menggetarkan molekul-molekul di ujung B turut menggetarkan molekul-molekul yang ada disampingnya hingga mencapai titik A.
perpindahan secara konduksi
Konveksi
Konveksi adalah hantaran kalor yang disertai dengan perpindahan partikel perantaranya. Contoh dari peristiwa konveksi adalah seperti perpindahan kalor pada zat cair yang dipanaskan, ventilasi kamar, cerobong asap, pengaturan katub udara pada kompor, dan kipas angin. Umumnya konveksi terjadi pada gas dan zat cair.
perpindahan secara konveksi

Radiasi

Radiasi adalah hantaran kalor yang tidak memerlukan medium perantara, seperti kalor dari matahari yang sampai ke bumi, kalor api unggun yang sampai pada orang yang ada di sekitarnya, pendingin (pemanas) rumah, pengeringan kopi, pembakaran dengan oven dan efek rumah kaca.

perpindahan secararadiasi

















0 comments:

Post a Comment