RSS

Kinematika Gerak Lurus

Suatu benda dikatakan bergerak, jika ia berpindah posisi ditinjau dari titik acuan dalam selang waktu tertentu. Kecepatan ( perpindahan / waktu ) merupakan besaran vektor, dan laju ( lintasan / waktu ) merupakan besaran skalar. Gerak lurus adalah gerakan suatu benda/obyek yang lintasannya berupa garis lurus (tidak berbelok-belok). Seperti gerak kereta api di rel yang lurus.Gerak lurus dibagi menjadi 2, yaitu gerak lurus beraturan ( GLB ) dan gerak lurus berubah beraturan ( GLBB ).
  1. Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak yang lintasannya lurus dan kecepatannya tetap. Cara menghitung jarak dari suatu gerak beraturan. Yaitu dengan mengalikan kecepatan(m/s) dengan selang waktu(s).
    kinematika gerak
    Contoh GLB
    rumus gerak lurus beraturan
    perpindahan
     
    Keterangan :
    s = perpindahan (m)
    v = kecepatan (m/s)
    t =  waktu (s) 


  2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak yang lintasannya lurus dan kecepatannya berubah secara beraturan/berpola. Ada dua kemungkinan GLBB, yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat. Rumus GLBB dituliskan sebagai berikut:
    rumus GLBB
    kecepatan awal
    rumus GLBB
    perpindahan
     Keterangan :

    v= kecepatan akhir atau kecepatan setelah t sekon (m/s)
    v0 = kecepatan awal (m/s)
    a = percepatan (m/s2)
    t = selang waktu (s)
    s = jarak tempuh (m)
Contoh GLBB

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Dalam Kehidupan Sehari - hari :

Gerak Jatuh Bebas (GJB) 

Gerak jatuh bebas adalah gerak sebuah objek yang jatuh dari ketinggian tanpa kecepatan awal yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Benda-benda yang jatuh bebas di ruang hampa mendapat percepatan yang sama. Benda-benda tersebut jika di kenyataan mungkin disebabkan karena gaya gesek dengan udara. Rumus-rumus gerak jatuh bebas adalah sebagai berikut.

rumus gerak jatuh bebas
kecepatan
 


rumus gerak jatuh bebas
ketinggian


 

 Keterangan :

vt = kecepatan saat t sekon (m/s)
g = percepatan gravitasi bumi (9,8 m/s2)
h = jarak yang ditempuh benda (m)
t = selang waktu (s)
Contoh GJB
Gerak Vertikal Ke Atas

Gerak vertikal ke atas adalah gerak suatu benda yang dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal tertentu (v0) dan percepatan g saat kembali turun. Rumus gerak vertikal ke atas adalah sebagai berikut :
a = -g

ketinggian maksimum : h = Vo^2/2g

waktu sampai puncak : t = Vo/g





0 comments:

Post a Comment