RSS

Gelombang De Broglie


Louis De Broglie
Louis De Broglie pada tahun 1924, mengemukakan bahwa radiasi elektromagnetik kadang- kadang dapat berprilaku sebagai gelombang dan pada saat lainnya sebagai partikel, maka mungkin juga partikel-partikel seperti elektron, proton dan neutron mempunyai sifat dualisme yaitu sebagai gelombang dan partikel. Penting sekali untuk memahami sejelas-jelasnya perbedaan antara gelombang dan partikel, karena keduanya merupakan dua modus satu-satunya transmisi energi.

Suatu partikel klasik dipihak lain, memiliki kedudukan, momentum, energi, massa dan muatan listrik. Suatu gelombang klasik di pihak lain memiliki panjang gelombangg, frekwensi, kecepatan, amplitudo gangguan, intensitas energi, dan momentum. Perbedaan yang paling hakiki antara keduanya adalah bahwa sebuah partikel dapat menduduki tempat tertentu (localized), sedangkan gelombang menyebar mengisi suatu bagian ruang yang relatif besar.
Dasarnya :
Suatu partikel yang bergerak dengan momentum P dikendalikan oleh suatu gelombang  yang panjang gelombangnya l dan memenuhi hubungan:
               
           l = h / p   =   h / mv                                         

Kuantitas variabel yang memberikan karakteristik gelombang de Broglie di sebut fungsi gelombang, dengan lambang Y (psi). Yang perlu diperhatikan  Y tidak mempunyai  arti fisis langsung karena harga fungsi gelombang yang berkaitan dengan sebuah benda bergerak pada suatu titik tertentu x, y, z dalam ruang ruang waktu t berpautan dengan peluang untuk mendapatkan benda ditempat pada saat t .

Peluang (P) suatu benda di suatu tempat pada suatu saat mempunyai harga diantara batas : 0 yang bersesuaian dengan keabsenannya, dan 1, bersesuaian dengan kepastian kehadirannya. Peluang 0,3 misalnya menyatakan peluang 30 % untuk  mendapatkan  benda itu, peluang  ini  dinyatakan  dengan lY^2l.  Namun amplitudo suatu gelombang dapat berharga negatif, tidak mempunyai arti. Jadi lYl  itu sendiri tidak bisa merupakan kuantitas yang teramati.

Pada pihak lain bila eksperimennya yang berkaitan dengan banyak benda identik yang semuanya diberikan dengan fungsi gelombang yang sama Y, kerapatan yang sebenarnya dari benda itu di x, y, z pada saat t berbanding lurus dengan harga Y^2


0 comments:

Post a Comment